Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Bawaslu Seluruh Indonesia Lakukan Apel Pengawasan

0
157
Ketua dan Anggota Bawaslu Kab. Karo saat melakukan pelepasan siaga pengawasan tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 di Halaman Parkir Gedung Bawaslu Karo, Kabanjahe, Selasa 14 Juni 2022/Foto: Humas Bawaslu Karo

Bawaslu Kabupaten Karo, Kabanjahe,- Hari ini, 14 Juni 2022, tahapan Pemilu Serentak 2024 dimulai. Puluhan ribu pengawas pemilu yang tersebar di seluruh penjuru tanah air melakukan apel siaga pengawasan tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang dipusatkan di Kantor Bawaslu RI. Bertindak sebagai pembina apel, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja diiringi dengan inspeksi pemeriksaan kesiapan pengawas pemilu.

Pengawasan tahapan Pemilu 2024 ini secara simbolis ditandai dengan bunyi sirine yang ditekan oleh Bagja didampingi tiga anggota Bawaslu yakni Loll Suhenty, Totok Hariyono, Herwyn JH Malonda, dan Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro. Dalam amanatnya, Bagja menyatakan apel siaga ini merupakan tanda dimulainya pengawasan Pemilu 2024.

“Apel siaga ini ‘aware’ bahwa jam kita sudah dimulai, jam pengawasan sudah dimulai,” cetus Bagja dalam Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 di Kantor Bawaslu, Jakarta.

Dia mengingatkan para pengawas pemilu sudah harus mengubah jam kerja lantaran jam kerja pengawasan berbeda dengan jam kerja pada umumnya. Oleh sebab itu, kata Bagja, kemampuan para pengawas pemilu dalam menanganai seluruh perkara, permohonan, pencegahan, pengawasan, penyilidikan maupun pemantauan pengawasan adalah hal yang utama.

Bagja mengungkapkan pada satu bulan ini lembaga pengawas pemilu akan melakukan pembenahan organisasi dan melakukan perbaikan Perbawaslu. Kemudian Perbawaslu pengawasan tahapan akan diajukan ke lembaga legislatif pada minggu yang akan datang.

“Nanti bulan September akan ada pendaftaran partai politik peserta pemilu, bulan November akan ada sengketa kemungkinannya,” ucap lelaki kelahiran Medan itu.

Bagja juga turut memberi pesan kepada para pengawas pemilu di daerah. Dia meminta jajarannya terutama di tingkat kabupaten/kota untuk meningkatkan kapasitas dalam hal penyelidikan, mengawasi proses-proses tahapan pemilu, mengawasi pergerakan orang-orang yang akan melakukan politik uang, politisasi SARA, hoaks dan yang lainnya.

“Bulan-bulan ke depan adalah bulan pengawasan diluar tahapan kampanye, entah itu sosialisasi, entah itu pergerakan massa atau apapun itu. Kawan-kawan di daerah juga harus mulai kerja sama dengan lembaga pemantau, media, atau kerja sama dengan KPU, Kepolisian, Kejaksaan dan stakeholder lain,” paparnya.

Bawaslu Karo

Sementara itu Bawaslu Kabupaten Karo melaksanakan Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024, yang dilaksanakan di halaman kantor BawasluKaro, Jalan Jamin Ginting Gang Cik Ditiro, Kabanjahe.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Karo serta jajaran staf pendukung. Setelah selesai apel pengawasan, Bawaslu Karo mengampanyekan telah dimulainya Pengawasan dengan berkeliling kota Kabanjahe.

Sebagai informasi, apel siaga pengawasan Pemilu 2024 ini dilakukan secara serentak pada pukul 08.00 di seluruh kantor-kantor Bawaslu yang ada di tanah air. Peserta dari Bawaslu daerah turut serta secara daring (dalam jaringan).

Editor: Ranap THS
Penulis : Jaa Pradana/ Priay Hasugian
Fotografer: Humas Bawaslu Karo

Sumber: Bawaslu RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here