Sosialisasi SIPS, Bawaslu Karo Undang Parpol Pada Pilkada 2020

0
433
Suasana saat Foto Bersama Komisioner Bawaslu Kabupaten Karo dan Partai Politik Pengusung Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Karo Pada Pilkada 2020 di Aula Kantor Bawaslu Kabupaten Karo, Senin (3/8/2020). Foto: Mando Sinuraya

Bawaslu Kabupaten Karo, Kabanjahe,- Ketua Bawaslu Kabupaten Karo Eva Juliani Pandia didampingi Kordiv OSDM Nggeluh Sembiring, memberikan arahan dalam acara sosialisai Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) yang dihadiri oleh beberapa Partai Politik di Aula Kantor Bawaslu Karo, Jln. Jamin Ginting, Gang Cik Ditiro, Kabanjahe, Senin (3/8/2020).

Acara tersebut diadakan untuk memberikan pengarahan mengenai penyelesaian sengketa kepada partai politik yang mengusung Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Karo dan Liaison Officer (LO) dari Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pilkada tahun 2020.

Eva Juliani Pandia mengatakan penyelesaian sengketa dapat di lakukan dengan dua cara permohonan yang di ajukan dapat datang langsung ke kantor Bawaslu mau pun ke laman situs Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS).

“Penyelesaian sengketa dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu dengan bertatap muka langsung mengajukan permohonan ke kantor Bawaslu Kabupaten Karo dan atau melalui laman SIPS yang telah disediakan oleh Bawaslu RI,” jelas Eva saat di temui seusai memberikan arahan sosialisasi, Senin (3/8/2020).

Adapun aplikasi SIPS ini dimaksudkan agar peserta sosialisasi memahami bagaimana prosedur permohonan secara online bilamana ada sengketa pemilu. Sesuai dengan Perbawaslu No.4 Tahun 2020 bahwa protokol kesehatan harus dilaksanakan dalam mengajukan permohonan penyelesaian sengketa pada Pemilihan Kepala Daerah.

“Namun demikian adapun bentuk fisik daripada permohonan tersebut beserta bukti-bukti harus disampaikan secara langsung ke Kantor Bawaslu Kabupaten Karo, ” tegasnya.

Beliau berharap partai Politik dan LO dapat juga menyampaikan kepada Bakal Pasangan Calon yang diusung agar dapat memahami bagaimana proses penyelesaian sengketa tersebut.

“Dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi sistem informasi penyelesaian sengketa yang sudah dilaksanakan ini, semua operator yang ditugaskan oleh pengurus partai politik harus memahami pengajuan sengketa yang diajukan melalui laman SIPS ini,” imbuhnya.

Penulis: Kami Milala
Editor : Priay Hasugian
Foto : Mando Sinuraya

Komisioner Bawaslu Kabupaten Karo saat Memberikan Arahan kepada Partai Politik dan LO pengusung Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Karo Pada Pilkada 2020, Senin (3/8/2020). Foto: Mando Sinuraya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here