Menjelang Coklit, Abraham Tarigan: Saya Ingin Teman – Teman Fokus

0
695
Anggota Bawaslu Kabupaten Karo Abraham Tarigan, S.Sos saat memberikan materi Pengawasan Pencoklitan, Sabtu (11/7/2020). Foto: Priay Hasugian

Bawaslu Kabupaten Karo, Kabanjahe,- Tahapan pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) terhadap Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 5 Tahun 2020 sebentar lagi akan dilaksanakan, yaitu di tanggal 15 Juli mendatang.

Abraham mengatakan, bahwa dalam tahapan Verifikasi Faktual kegiatan Bawaslu sendiri,sudah pasti beririsan dengan pemuktahiran data pemilih yang di dalam pencoklitan.

“Seperti janji saya kemarin, bahwa dalam tahapan Verifikasi Faktual kegiatan kita juga pasti akan beririsan dengan pemuktahiran data pemilih dalam hal ini di sebut Pencoklitan, Katanya Sabtu (11/7/2020) di Aula Kantor Bawaslu Kabupaten Karo, Jl. Jamin Ginting, Gang Cik Ditiro, Kabanjahe.

Abraham menyampaikan, dalam konteks seperti ini bila Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertugas dalam Verifikasi Faktual itu adalah Panitia Pemungutan Suara (PPS), maka dalam kerangka tahapan Pencoklitan KPU sudah melakukan rekrutmen sebanyak 936 anggota Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Dalam Konteks ini kalau lah KPU bertugas dalam Verifikasi Faktual itu adalah (PPS), maka dalam kerangka tahapan Pencoklitan KPU sudah melakukan rekrutmen sebanyak 936 anggota TPS. Apakah itu sudah terkunci ? Belum,” Pungkasnya.

Abraham menambahkan, bahwa teman – teman harus fokus melihat dan memahami kerangka pengawasan, karena pengawasan Bawaslu bukan hanya teknis, dan Panwaslu Kecamatan harus paham pencoklitan.

“Sekali ini saya ingin kawan – kawan fokus melihat dan memahami, kerangka pengawasan kita bukan hanya teknis, bapak/ibu sekalian harus paham bahwa yang di maksud pencoklitan itu apa?, tujuannya apa?, pencapainnya apa?,” Ungkapnya.

Penulis : Priay Hasugian
Editor : Priay Hasugian

Para Peserta Rapat Panwaslu Kecamata Se- Kabupaten Karo yang dibagi menjadi dua Sesi, di karenakan untuk mematuhi Protokol Kesehatan. Foto: Diva Arjuna Depari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here