Beri Jaminan Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Bawaslu Karo Sukseskan Pilkada 2020

0
538
Foto Bersama Bawaslu Kabupaten Karo dengan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Karo di Hotel Sinabung Internasional, Brastagi, Kamis (30/7/2020). Foto: Kami Milala/ Humas Bawaslu Kabupaten Karo

Bawaslu Kabupaten Karo, Brastagi,- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kabupaten Karo, mendukung dan bekerjasama dengan Bawaslu Kabupaten Karo dalam memberikan jaminan kesehatan bagi penyelenggara pemilu di tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Dukungan ini tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan di Hotel Sinabung Internasional, Brastagi, Kamis (30/7/2020).

Dalam nota kesepahaman, bentuk kerjasamanya yaitu untuk mengklaim asuransi bilamana ada panwaslu Kecamatan, Desa/Kelurahan, dan Pengawas TPS yang melaksanakan pengawasan di lapangan yang mengakibatkan terjadi kecelakaan didalam pekerjaan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Karo Eva Juliani Pandia mengatakan, nota kesepahaman ini dalam rangka mewujudkan pelaksanaan pilkada di tengah pandemi covid 19, wilayah geografis Kabupaten Karo yang sebagian daerah pegunungan dan yang mempunyai curah hujan yang cukup tinggi. Keselamatan kerja menjadi prioritas dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

“Tentunya ini (keselamatan kerja) menjadi prioritas kita, dimana wilayah Geografis Kabupaten Karo itu di daerah pegunungan dan mempunyai curah hujan yang cukup tinggi,” cetus Eva.

“Jadi untuk melaksanakan pengawasan dilapangan itu penuh dengan resiko yang besar, sehingga kita mengasuransiakan mereka (Panwaslu Kecamatan, Desa/Kelurahan, dan PTPS) agar ada jaminan bagi mereka,” tambahnya.

Dia menuturkan, Pengawas Pemilu itu perlu mendapatkan jaminan dan santunan bilamana adanya terjadi kecelakaan kerja Pada saat tahapan Pilkada berlangsung.

“Sebenarnya dari Bawaslu Kabupaten Karo sangat mengharapkan keja sama ini, karena pengalaman tahun 2019 ada PPL yang mengalami cedera, sehingga ini yang menjadi dasar dan pertimbangan kerjasama tersebut,” imbuhnya.

Penulis : Priay Hasugian
Editor : Priay Hasugian
Foto : Kami Milala

Suasana Pada Saat Rapat Pertemuan Perjanjian Kerja sama antara Bawaslu Kabupaten Karo dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kab. Karo, Kamis (30/7/2020). Foto: Kami Milala/ Humas Bawaslu Kabupaten Karo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here